7 Cara Memperbaiki Touchscreen pada Smartphone Android Yang Rusak

Mengulas Mengenai Cara memperbaiki Touchscreen HP Pada Smartphone Android Yang rusak yang mungkin bisa diperbaiki tanpa musti dibawa ketukang service ponsel langganan kalian.




Smartphone Android memang sebuah teman yang paling berharga untuk menemani aktifitas sobat sekalian padasaat menjalani hari - hari indah sobat sekalian namun ada kalanya ponsel kesayangan kalian akan mengalami masa rusak dan perlu ada pemetulan dan perbaikan supaya dapat dioprasikan dengan normal kembali.

Nah... pada kesempatan kali ini Arahmath Cell akan memberikan Sedikit Tips dan trik Cara untuk Memperbaiki Touchscreeen rusak , error, atau layar sentuh macet secara tiba tiba pada ponsel android kalian. tentunya bisa menjadi solusi dan langkah awal kalian untuk memperbaiki ponsel android kalian yang sedang mengalami masalah tersebut.

Berikut adalah ulasan mengenai 7 Cara Memperbaiki Touchscreen Pada Smartphone Android yang Rusak dan Error sendiri:

1. Cek Penggunaan Ram Di Smartphone Android 

yups.. pertama kali jika performa smartphone kalian melambat dan hampri Error dan bermasalah pada Touchscreen Android kalian, maka jangan panik dan silahkan kalian diamkan bebarapa waktu hingga layar bisa di oprasikan kembali meski terasa berat dan lemot. dan silahkan kalian pergi ke pengaturan dan periksa Penggunaan RAM yang digunakan untuk pengoprasian aplikasi pada smartphone android kalian.

dan setelah kalian cek, maka kalian bisa menghapus bebarapa aplikasi yang mungkin kurang kalian gunakan serta menghapus data - data cache dan sampah - sampah dari aplikasi yang sedang berjalan sehingga Kapasitas Ram akan menjadi lebih banyak dan tentunya Ponsel android kalian akan berjalan normal kembali, karena kemungkinan Touchscreen android kalian Error Disebabkan oleh kapasitas ram yang minim dan perlu kalian bersihkan.
Baca juga: Cara Memperbaiki Touchscreen Xiaomi Redmi 3 yang Rusak
2. Segera aktifkan GPU 2D Rendering di Android  

Cara alternatif kedua untuk Mengatasi dan memperbaiki Layar sentuh yang Error atau macet sebagian kalian bisa mengaktifkan Fitur Force GPU Rendering jika ponsel android kalian sudah dilengkapi dengan Fitur ini. Why....??? Karena mugnkin alasan Touchscreen android kalian Error atau bermasalah adalah karena masalah sektor transisi pada android yang Buruk, oleh karena itu kalian wajib mencoba alternatif Cara Memperbaiki Touchscreen yang error dengan menggunakan Fitur yang satu ini.

Lalu bagaimana cara dan langkah - kangkahnya untuk mengaktifkan Fitur ini? Caranya adalah silahkan kalian pergi ke Settings → Developer Options → Force GPU Rendering. jika mungkin perangkat android kalian belum memiliki fitur ini , kalian hanya perlu sedikit mensettingnya, yaitu dengan cara Pergi ke Settings → About Phone → dan Klik "Build Number" 7-10X Hingga dapat mengaktifkan Developer Options. 
Baca Juga: Biaya Ganti Touchscreen Layar Sentuh Smartphone Android
3. Cek Kalibrasi Layar Smartphone Android 

Cara Memperbaiki Touchscreen Pada Smartphone Android yang rusak mungkin disebabkan oleh Kalibrasi Layar smartphone yang error atau rusak, tentunya seiring dengan waktu pemakaian smartphone yang lama, maka tentunya Kinerja dan tampilan layar Cenderung akan memanas jadi kalian musti Mengecek Warna dan Kalibrasi Pada Perangkat android kalian. lalu bagaimana Caranya?



Solusi Cara untuk mengatasi kalibrasi layar touchscreen yang Rusak kalian bisa mengunakan aplikasi pihak ke3 misalnya Touchscreen Calibration .apk yang sudah ada di playstore (Silahkan langsung cari ke Playstore) dengan aplikasi ini maka android kalian mampu untuk memeriksa Touchscreen kalian yang Rusak Atau Error sebelum kalian berniat untuk membawanya ke jasa tukang service ponsel.
Baca Juga: Biaya Ganti LCD SAMSUNG J5
4. Gunakan Apk MultiTouch Tester 

jika mungkin kalian sudah merasakan layar sentuh kalian error atau lemah dan melambat maka kalian jangan langsung menyimpulkan bahwa Touchscreen Android kalian Rusak, barangkali hp android kalian hanya mengalami masalah dengan Multi Touch-nya saja sehingga kalian bisa menggunakan Apk MultiTouch tester ini untuk mengetahui dan mengeceknya.

5. Silahkan Masuk ke Safe Mode 

jika mungkin kalian merasa hp android kalian kebanyakan aplikasi yang kalian jalankan, maka sekali kali kalian bisa cek dan masuk ke mode Safe / Safe Mode. karena Cara untuk Mengatasi dan memperbaiki Touchscreen Yang Error ini juga lumayan ampuh untuk di coba.

Lalu bagaimana Caranya....??? Cara Untuk Masuk Ke Safe Mode Adalah kalian tinggal Menekan Tombol Power dan kemudian kalian Pilih dan tahan Opsi "Power Off" (Sedikit agak lama) hingga muncul notifikasi "Reboot to Safe Mode" dan kalian pilih "OK"
  
6. Hindari Penggunaan Charger Secara Sembarangan 

mungkin jika kalian mengalami Masalah Touchscreen Error dan Macet serta bergerak gerak sendiri pada saat kalian melakukan pengecesan, maka masalah ini bukan ditimbulkan akaibat Sistem atau Hardware dari perangkat android kalian, melainkan permasalahan itu timbul akibat penggunaan Charger untuk mengisi ulang daya baterai kalian yang tidak cocok dengan smartphone android kalian.

jika hal ini yang kalian alami maka segera ganti Charger kalian dengan yang original sesuai dari produk ponsel yang kalian gunakan atau intinya jangan gunakan charger yang error tersebut itu lagi.

7. Melakukan Reset Pada Smartphone Android 
Jika mungkin kalian telah siap untuk membersihkan semua file , berkas dan pengaturan kembali ke pengaturan Awal lagi, maka langkah ini yang paling baik untuk mengatasi masalah Touchscreen Error dan Rusak pada perangkat android kalian yang di sebabkan oleh sismtem yang mulai melemah atau adanya Virus berbahaya yang bersarang di ponsel android kalian.
Baca juga: Cara Hard Reset Android Lenovo A6010 Via Recovery Mode
Itilah 7 Cara Untuk Memperbaiki Touchscreeen Pada Smartphone Android yang Rusak atau error atau macer pada hp kalian sebelum kalian bertindak lebih lanjut ke jasa tukang service langganan kalian.

Semoba artikel Cara mengatasi dan memperbaiki Touchscreen pada Smartphone Android yang rusak ini bisabermanfaat buat sobat sekalian yang sedang mengalami masalah seperti di atas. jika mungkin artikel kali ini bisa membantu dan bermanfaat buat sobat sekalian maka Silahkan Share ke teman-teman kalian sehingga sobat kalian juga bisa menbatasi permasalahan hal yang serupa. Terimakasih.  


SAMPAIKAN KELUH KESAH SOBAT SEKALIAN, BIAR SAYA TAU APA YANG KALIAN CARI.....!!! Jika ada BROKEN LINK "SEGERA" di Sampaikan lewat Coment... "THANK"
EmoticonEmoticon